Fakta Menarik Mengenai Valentine

Belanjabekas- Tau nggak sih bebs kalau hari kasih sayang atau lebih dikenal dengan Valentine tanggal 14 Februari diawali di Prancis dan Inggris, dan kemudian menyebarluas ke seluruh penjuru dunia. Tak hanya dirayakan oleh anak-anak muda, dari tua hingga anak-anakpun sekarang jadi ikut-ikutan merayakannya loh. Yuk simak beberapa fakta menarik hari Valentine.

Sejarah Valentine

Sejarah Valentine dimulai dari seorang pendeta Romawi kuno, yaitu St. Valentine yang dihukum mati karena melanggar tradisi kaisar romawi. Pada saat itu, seluruh laki-laki lajang dilarang menikah, dan St. Valentine diam-diam melakukan upacara pernikahan. Sebelum dieksekusi mati, dia menuliskan surat cinta kepada anak perempuannya dan bertanda “From Your Valentine”.

Asal muasal hati warna merah menjadi simbol

Gambar hati berwarna merah menjadi simbol valentine dan terlihat dimana-mana. Secara tradisional, merah dihubung-hubungan dengan warna darah dan manusia percaya bahwa jantung yang mempompa darah adalah bagian tubuh yang merasakan cinta. Dan tahukah kamu kalau mumi yang dikubur di Mesir akan diambil semua organ tubuhnya kecuali jantung karena mereka percaya jantung adalah organ yang diperlukan oleh tubuh untuk melewati perjalanan menuju keabadian.

Warna dan jumlah bunga mawar, ternyata memiliki arti khusus

Warna bunga mawar yang dikirimkan untuk hari valentine juga punya arti lho. Seperti warna merah yang berarti love dan respect, warna merah muda seolah ingin mengatakan ‘Aku memiliki perasaan yang indah padamu’, dan warna putih menandakaan kesucian dan kalimat ‘Aku layak untukmu’. Tidak hanya itu, jumlah mawar juga punya arti berbeda-beda. Seperti jumlah 1 mawar berarti ‘Cinta pada pandangan pertama’, 12 mawar berarti ‘I love you’, jumlah 108 mawar direkomendaskan untuk melamar, dan 999 mawar berarti ‘Kita akan selalu bersama’.

Sejarah sekotak cokelat di hari Valentine

Kenapa banyak orang memberikan hadiah cokelat pada Hari Kasih Sayang? Hal ini bermula dari gagasan Richard Cadbury. Dia mengenalkan gagasan pemberian hadiah sekotak cokelat pada Hari Kasih Sayang tahun 1868.

Kartu Valentine awalnya berbentuk tomat

Kartu ucapan Valentine berbentuk hati mungkin sudah sering Anda lihat. Tapi, tahukah Anda jika pada tahun 1920-an, kartu ucapan tersebut berbentuk tomat? Ya, pada waktu itu tomat juga dikenal sebagai “apel cinta”.

Itulah tadi beberapa fakta menarik mengenai hari Valentine, kira-kira di tahun ini kamu mau merayakannya dengan siapa nih bebs ?

Gambar : Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: